Sabtu, 17 November 2018

ZOOTOPIA


Zootopia (atau Zootropolis dalam versi Eropa)  adalah film animasi 3D Amerika Serikat tahun 2016 yang disutradarai oleh Byron Howard dan Rich Moore serta diproduseri oleh Clark Spencer. Naskah film ini ditulis oleh Jared Bush dan Phil Johnston, sementara cerita film ini ditulis oleh Byron Howard, Rich Moore, Jared Bush, Josie Trinidad, Jim Reardon, Phil Johnston dan Jennifer Lee. Film ini diisi oleh suara Ginnifer Goodwin, Jason Bateman, Idris Elba, Jenny Slate, Nate Torrence, Bonnie Hunt, Don Lake, Tommy Chong, J. K. Simmons, Octavia Spencer, Alan Tudyk dan Shakira.

Film Zootopia ditayangkan secara perdana di Festival Film Animasi Brussels pada tanggal 13 Februari 2016 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 4 Maret 2016. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.
Plot
Di dunia mamalia antropomorfik, Judy Hopps (Ginnifer Goodwin), kelinci dari desa Bunnyburrow, memiliki impian masa kecilnya menjadi petugas kelinci pertama di departemen kepolisian di kawasan perkotaan Zootopia. Meskipun diterima di Departemen Kepolisian Zootopia (Zootopia Police Department atau ZPD), Judy dipindahtugaskan ke bagian parkir kendaraan oleh Ketua Bogo (Idris Elba), yang meragukan potensi Judy. Pada hari pertama, Judy bertemu dengan Nick Wilde (Jason Bateman) dan mitranya, Finnick (Tom Lister Jr.), di toko es krim. Nick dan Finnick diusir oleh pemilik toko es krim karena tidak mampu membeli es krim kesukaan Finnick. Judy, yang merasa iba terhadap mereka, membelikan es krim untuk mereka. Namun, Judy mengetahui bahwa mereka menipu Judy. Judy geram dan bertemu dengan Nick, sementara Finnick telah pergi. Karena kecerobohan Judy, Nick dapat melarikan diri.
Pada hari berikutnya, Judy meninggalkan tugas parkirnya untuk menangkap Duke Weaselton (Alan Tudyk), pencuri ubi-ubian di toko. Bogo mencercai Judy, namun berang-berang bernama Mrs. Otterton (Octavia Spencer) memasuki kantor Bogo, memohon untuk mencari suaminya, Emmitt Otterton, salah satu dari 14 predator yang hilang. Dengan sukarela, Judy bersedia membantu Mrs. Otterton mencari suaminya, menyebabkan Bogo geram karena Judy yang membangkang. Ketika asisten wali kota Dawn Bellwether (Jenny Slate) memuji Judy dan memberitahu Wali kota Leodore Lionheart (J. K. Simmons) bahwa Judy mengambil kasus ini, Bogo memberikan waktu dua hari kepada Judy untuk menemukan Emmitt Otterton, dengan syarat Judy harus mengundurkan diri jika ia gagal mengungkapkan kasus ini.
Setelah menemukan bahwa Nick adalah mamalia terakhir yang melihat Emmitt, Judy memeras Nick dan memaksanya mengaku telah menghindari pajak dengan rekaman Judy. Nick memohon dan bersedia membantu Judy dengan syarat rekaman pengakuan tersebut dihapus. Mereka melacak Emmitt ke mobil limusin milik mafia Mr. Big (Maurice LaMarche), yang mengungkapkan bahwa Emmitt, yang bekerja sebagai floris, menjadi "liar" (kembali ke keadaan liar) dan menyerang supirnya, Manchas (Jesse Corti). Di rumah Manchas, ia memberitahukan bahwa Emmitt berteriak tentang "pelolong malam", dan tiba-tiba, Manchas berubah menjadi buas dan mengejar Judy dan Nick. Judy menyelamatkan Nick dengan menjebak Manchas dan memanggil ZPD untuk bantuan. Ketika Bogo dan polisi lainnya tiba, bagaimanapun juga, Manchas telah lenyap. Bogo menuntut pengunduran diri Judy, tetapi ia diselamatkan oleh Nick, yang mengingatkan Bogo bahwa ia masih memiliki sepuluh jam untuk menyelesaikan kasus ini. Bogo mengizinkan Judy menyelesaikannya dan ketika mereka pergi, Nick memberitahukan kepada Judy bahwa ia diganggu di masa kecilnya karena ia adalah rubah. Merasa tak ada gunanya membela diri tentang perilaku rubah, ia menjadi penipu ulung.
Bellwether memberikan akses CCTV lalu lintas kota Zootopia kepada Judy dan Nick. Mereka menemukan Manchas, yang ditangkap oleh serigala, yang diduga sebagai "pelolong malam". Mereka menemukan Emmett dan predator lainnya yang dipenjara di rumah pesakitan Cliffside ketika Wali kota Lionheart menyembunyikannya dari masyarakat dan Dr. Madge Honey Badger (Katie Lowes) berusaha mencari penyebab perilaku aneh mereka. Judy memanggil ZPD dan Wali kota Lionheart dan pihak lain yang terlibat ditangkap di rumah pesakitan tersebut, sementara Bellwether menjadi wali kota yang baru. Judy, dipuji karena dapat memecahkan kasus ini dan berteman dengan Nick, meminta Nick untuk bergabung dengan ZPD dan menjadi mitranya. Ketika Judy mengecewakan Nick dengan memberikan pernyataan penyebab perilaku predator yang aneh oleh faktor biologis di sebuah konferensi pers, bagaimanapun, Nick meninggalkan Judy dengan rasa marah. Merasa bersalah, Judy mengundurkan diri dari pekerjaannya di tengah aksi protes terhadap predator.
Kembali ke desa Bunnyburrow, Judy belajar dari orang tuanya dan pengganggu di masa kecilnya, Gideon Grey si rubah (Phil Johnston), bahwa "pelolong malam" adalah bunga beracun, yang memiliki efek psikotropika parah pada semua mamalia. Setelah Judy kembali ke Zootopia dan berdamai Nick sambil menangis, mereka menangkap Duke Weaselton dan menemukan bahwa ubi-ubian yang dicuri oleh Weaselton adalah bahan untuk membuat "pelolong malam", yang diberikan kepada biri-biri jantan bernama Doug (Rich Moore). Mereka menemukan Doug di laboratorium tersembunyi di terowongan kereta bawah tanah, membuat serum "pelolong malam" yang ditembakkan ke predator melalui senapan.
Sebelum mereka pergi ke ZPD, Bellwether mencuri senapan tersebut sebagai bukti dan mengungkapkan dirinya sebagai dalang di balik konspirasi tersebut. Judy dan Nick jatuh ke dalam lubang di museum oleh biri-biri jantan bodyguard Bellwether setelah Nick menolak meninggalkan Judy yang terluka. Bellwether menembak serum tersebut ke Nick, membuat Nick menjadi buas dan ingin membunuh Judy. Lalu, Bellwether menyusun jebakan dengan memanggil ZPD bahwa Judy terluka parah oleh predator. Namun, Nick telah melucuti senapan tersebut dengan mengganti serumnya menjadi blueberry sebelum dicuri oleh Bellwether. Marah, Bellwether mengancam akan menjebak Judy dan Nick, seperti yang dilakukan Bellwether kepada Wali kota Lionheart, namun Judy telah merekam pengakuan Bellwether ini. Bogo dan petugas ZPD lain tiba dan menangkap Bellwether dan bodyguard-nya. Lionheart tidak mengetahui tentang keterlibatan Bellwether, namun Lionheart menyatakan bahwa ia memiliki alasan yang baik untuk memenjarakan predator tersebut. Akhirnya, predator disembuhkan dengan obat penawar, Judy bergabung kembali ke ZPD dan Nick menjadi petugas rubah pertama kota sekaligus rekan Judy, sementara Bellwether dan Lionheart tetap berada di penjara. 

SutradaraByron Howard
Rich Moore
ProduserClark Spencer
SkenarioJared Bush
Phil Johnston
Cerita Byron Howard
Rich Moore
Jared Bush
Josie Trinidad
Jim Reardon
Phil Johnston
Jennifer Lee
PemeranGinnifer Goodwin
Jason Bateman
Idris Elba
Jenny Slate
Nate Torrence
Bonnie Hunt
Don Lake
Tommy Chong
J. K. Simmons
Octavia Spencer
Alan Tudyk
Shakira
MusikMichael Giacchino
Sinematografi Nathan Warner
Brian Leach
Thomas Baker
Penyunting Fabienne Rawley
Jeremy Milton
Perusahaan
produksi
Walt Disney Pictures
Walt Disney Animation Studios
DistributorWalt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 13 Februari 2016 (Festival Film Animasi Brussels)
  • 4 Maret 2016 (Amerika Serikat)
Durasi
108 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Speak politely, then people will respect you.”